Minggu, 20 April 2014
next next next
Sabtu, 23 Februari 2013 — 03:37:38 WIB

Selamat Datang Para Peserta SENTANA Funbike 2013

 

Jakarta, SENTANAonline.com

TANGGAL 20 Januari 2013 lalu adalah hari yang paling bersejarah bagi Harian umum SENTANA .dan www sentanaonline, Karena pada hari itu koran ini tepat berusia 31 tahun dan www .sentanaonline ke 3 tahun. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tepat pada tanggal tersebut koran ini selalu merayakan hari ulang tahunnya mestipun dengan cara sederhana sekalipun, selalu dirayakan untuk berucap rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas tetap eksisnya Harian umum SENTANA berkiprah di Pers nasional.

Namun pada tahun ini perayaan itu terpaksa ditunda, dikarenakan musibah banjir besar pada tanggal 17 Januari 2013 lalu sehingga acara hari jadi Harian SENTANA ini terhalang oleh banjir yang melanda kota Jakarta berhari-hari lamanya. Padahal jauh -jauh hari sebelumnya sudah direncanakan bahwa tepat pada usia yang 31 tahun itu, akan dirayakan lebih istimewa dari perayaan ulang tahun sebelumnya dengan mengadakan lomba funbike yang mengambil thema " Peduli Lingkungan SENTANA Funbike 2013 " tepat pada tanggal 20 Januari 2013.

Kendati demikian, tak ada kata terlambat untuk merayakan hari ulang tahun bagi Harian umum SENTANA dan www. sentanaonline, mudah-mudahan kalau tak ada halangan yang berarti pada hari Minggu ini, tanggal 24 februari 2013, koran ini akan merayakan hari jadinya dan sekaligus akan menggelar, " Peduli lingkungan SENTANA funbike 2013 di lapangan Monas Jakarta pusat pada pukul 07.00 wib nanti.

Ketua Panitia Pelaksana Peduli Lingkungan SENTANA Funbike Karel Sinaga, memohon maaf kepada masyarakat luas khususnya para pembaca Harian umum SENTANA dan www. sentanaonline atas tertundanya pelaksanaan lomba SENTANA funbike 2013 ini dikarenakan musibah banjir yang melanda kota Jakarta berhari-hari lamanya, sehingga pelaksanaannya tertunda hingga dua kali lamanya dari rencana semula pada tanggal 20 Januari 2013 ditunda pada tanggal 27 januari 2013. Tapi lagi-lagi pada tanggal 27 Januari cuaca kota Jakarta masih kurang bersahabat sehingga pada tanggal tersebut ditunda lagi, namun dipastikan pada hari minggu tanggal 24 februari ini Lomba Peduli lingkungan SENTANA Funbike akan digelar di lapangan Monas bagian tenggara tepat pada pukul 07.00 wib.

" Selamat datang peserta SENTANA Funbike 2013, semoga partisipasi anda dalam mengikuti funbike ini dapat memeriahkan acara ini, " Tandas Karel yang juga Pimpinan Perusahaan harian SENTANA dan www. sentanaonline, Jumat kemarin di Jakarta.

Sementara menurut Rukiah Rosalyna Siahaan Pemimpin umum/ pemimpin Redaksi Harian SENTANA dan sentanaonline menegaskan, bahwa lomba Peduli Lingkungan SENTANA Funbike akan menjadi agenda tahunan dan akan dilaksanakan  pada saat acara HUT Harian SENTANA dan www.sentanaonline setiap tahunnya.

Dikatakan Rosalyna, lomba funbike tersebut akan jatuh pada setiap hari Minggu saat diberlakukannya hari bebas kendaraan bermotor ( HBKB) atau car free day yang mana dimaksud mendukung program pemerintah untuk mensosialisasikan perbaikan kualitas udara di Jakarta.

 

Hikmah

Tertundanya acara pelaksanaan Peduli Lingkungan SENTANA Funbike 2013 ternyata membawa hikmah yang besar bagi panitia pelaksana,sehingga mempunyai waktu yang cukup untuk mempersiapkan acara funbike dengan matang. Walhasil terkumpullah sejumlah sponsor yang berpartisipasi mendukung acara lomba Peduli Lingkungan SENTANA Funbike 2013. Sponsor tersebut datang dari, PT Pertamina, Pertamina PGE, Pertamina EP, PT PLN Disjaya dan Tangerang, PT Petro China, PT Mayora, PT Angkasa Pura II,Grup JHS System ( PT.JHS Piling System, PT Saeti Concretindo Wahana), PT Rodime Bina Usaha, PT Kaltim Nusa Etika, PT Eremka Makmur, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Kota Jakarta Barat, Pemerintah Kota jakarta Utara dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

" Terimakasih kepada para sponsor atas partisipasinya dan dukungan untuk penyelenggaraan Peduli Lingkungan SENTANA Funbike 2013, " Ujar Karel Sinaga.

Bukan itu saja, Biro-Biro Harian umum SENTANA-pun urun rembuk menyumbang hadiah, seperti Biro Jakarta Barat, Biro Jakarta Utara, Biro Bogor, Biro Kabupaten Bekasi, Biro Provinsi Banten, Biro Kabupaten Karawang,dan Biro Kabupaten Purwakarta.

 

Olahraga Rekreasi

Funbike merupakan gaya hidup membawa perubahan yang mampu menggerakkan sekelompok orang melakukan hal yang tidak biasa menjadi biasa. Acara ini mampu menggerakkan orang-orang yang dulunya meninggalkan sepeda angin sebagai kendaraan harian karena perannya digantikan kendaraan bermotor. Kini banyak orang kembali menggunakan sepeda angin sebagai sarana olah raga ataupun bekerja.Latar belakang orang melakukan hal ini karena telah dipicu kesadaran akan pentingnya kesehatan.

Kebiasaan positif tersebut diawali dari banyaknya acara fun bike yang diadakan sekelompok orang atau komunitas yang ingin mendapatkan suasana berbeda saat berolah raga. Dengan fun bike, olah raga dan rekreasi telah menjadi satu paket dengan melestarikan sebuah tradisi.Hal positif dan praktis ini kemudian memberi inspirasi pada komunitas yang lainnya untuk menyelenggarakan acara fun

bike juga. Praktisnya acara fun bike sebagai olah raga dan rekreasi ini dilakukan pada hari minggu karena hari libur umum sehingga acara dapat diikuti oleh banyak peserta dan banyak keluarga.

Pepatah mengungkapkan, sekali berlayar tiga pulau terlampaui adalah ungkapan yang tepat untuk menganalogkan acara fun bike ini.Betapa tidak, dengan acara fun bike kita bisa berolahraga, rekreasi karena out door dengan melewati rute-rute yang tidak  biasa, menjaga lingkungan karena anti polusi tanpa BBM.Kegiatan ini juga menjaga tradisi karena bersepeda angin adalah kebiasaan orang-orang Indonesia jaman dahulu berkendaraan yang beberapa waktu lalu banyak ditinggalkan.

Olah raga fun bike adalah salah satu olah raga yang dapat dinikmati secara santai oleh seluruh anggota keluarga. Acara bersepeda santai ini semakin menciptakan kebersamaan yang terkadang sulit diwujudkan sebagai akibat padat dan banyaknya acara yang dimiliki masing-masing anggota keluarga.

Dengan acara fun bike bisa bersepeda bersama, istirahat dan menikmati bekal di suasana alam yang dapat kita tentukan mana yang cocok. Olah raga yang biasa dilakukan pada waktu pagi ini juga sekaligus dapat memberi edukasi kepada anak-anak kita dengan menunjukkan kondisi lingkungan yang sebenarnya.

Bahkan suatu saat dapat mengagendakan acara fun bike yang dapat menumbuhkan kecintaan akan lingkungan sekitar dengan funbike estafet menuju obyek wisata daerah yang berada di sekitar tempat tinggal kita.

 

Kepentingan umum

Dengan motto mengabdi kepentingan umum Harian umum SENTANA diterbitkan pertama kali pada 20 Januari 1982 oleh Rukiah Rosalyna Siahaan dengan nama Mingguan SENTANA mendapat sambutan sangat antusias dari masyarakat pada waktu itu, hingga mampu mencetak hingga ratusan ribu eksemplar setiap minggunya.Melihat antusias dari masyarakat begitu besar, keinginan untuk meningkatkan jadwal penerbitan menjadi Harian begitu besar. Namun sayang pada masa itu membuat sebuah koran Harian terganjal oleh perijinan dari pemerintah Orba pada saat itu. Dan barulah pada era reformasi keinginan menjadikan koran Mingguan SENTANA menjadi harian baru terkabul.

Jadilah pada bulan april tahun 1999 secara resmi Koran Mingguan SENTANA meningkatkan penerbitannya menjadi harian dengan nama Harian SENTANA hingga sekarang ini.

Menjalani perjalanan yang ke 29 Tahun, persis 20 Januari 2011, SENTANA, semakin menunjukkan keberadaan nya sebagai pengawal Reformasi dan Demokrasi di Indonesia, SENTANA meluncurkan "sentanaonline", sebagai media pendamping Surat Kabar Harian SENTANA dalam menyuarakan Kepentingan Umum hingga seantero dunia,yang dapat diakses lewat alamat www.sentanaonline.com.dan pada tahun 2013 ini sentanaonline telah berusia 3 tahun.

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dan progresif, telah membawa dampak yang signifikan terhadap perkembangan media massa.Alat komunikasi yang canggih seperti handphone, blacberry dan internet, telah meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dan berita. Sebagaimana terlihat dari perkembangan media online. Jadi, kondisi ini secara tidak langsung mengancam peran, kedudukan dan pangsa pasar media cetak. Mengingat, adanya perbedaan waktu yang mendasar antara media online dengan media cetak.

Sementara Pemimpin Umum/Redaksi Harian SENTANA Rukiah Rosalyna Siahaan mengharapkan Kehadiran www.sentanaonline.com  bisa memenuhi permintaan para pelanggan setia Koran Sentana di sejumlah wilayah Tanah Air dan luar negeri yang tidak terjangkau pemasaran Harian Sentana edisi cetak.

"Pada era globalisasi seperti sekarang ini, media online merupakan kebutuhan bagi sebagian masyarakat, kalau tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi, kita akan ditinggalkan masyarakat" ujar Rosalyna.

Dia juga optimis www.sentanaonline.com bisa bersaing dengan media online lainnya. Alasannya, kata wanita yang juga wartawan senior ini, berdasarkan pengalamannya mengelola Harian Umum SENTANA,www.sentanaonline.com  bisa tetap berkiprah  di pers nasional karena tetap konsisten dengan mottonya yaitu membela kepentingan umum.

"Kalau kita tetap konsisten membela kepentingan umum kita tidak akan ditinggalkan pembaca, kami percaya informasi yang membela kepentingan umum akan dicari masyarakat di seluruh dunia " ujarnya.(HEL) 

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil