Jumat, 18 April 2014
next next next
Rabu, 15 Mei 2013 — 09:08:56 WIB

Atut Buka O2SN tingkat provinsi Banten di ASA Sport Centre Kota Cilegon

Serang, SENTANAonline.com

GUBERNUR Banten Ratu Atut Chosiyah membuka secara resmi Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi Banten di ASA Sport Centre Kota Cilegon Banten. Selasa (14/5). Ada belasan cabang olah raga yang dipertandingkan mulai tingkat SD, SMP, SMA, SMK.  Bagi para siswa peraih medali  emas akan diberikan kesempatan untuk mewakili provinsi Banten pada O2SN tingkat nasional di Samarinda Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya Ratu Atut Chosiyah mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk  menggali potensi  para pelajar di Banten. Walaupun para siswa  sudah melakukan kompetisi di sekolah masing masing. Selanjutnya, kompetisi diadakan  antar wilayah di Banten.

Dijelaskan Atut, Semoga kompetisi yang diikuti semua wilayah kabupaten atau kota di Banten  ini dapat melahirkan siswa terbaik pada bidang yang dilombakan. "Siswa peraih medali emas diberi kesempatan untuk  mewakili provinsi Banten pada O2SN  tingkat Nasional.

Atut juga menekankan kepada para peserta lomba supaya dapat  menggali  potensi yang sudah dimiliki dan hingga dapat mengukir prestasi di tingkat nasional.

Selain itu ia juga berharap, pelaksannaan O2SN  kiranya dapat berprestasi yang lebih baik. "Pergunakan kesempatan ini sebagai silaturahmi dan tranfer ilmu pengetahuan antar sesama peserta sehingga dapat saling mengenal terhadap  wilayah yang lain,” katanya.

Hal yang sama juga dilontarkan oleh Iman Aryadi Walikota Cilegon. Menurutnya, kegiatan ini merupakan tolak ukur prestasi  olah raga bagi pelajar di Banten. "Kami akan memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia di Cilegon Banten secara sistematis. Sehingga diharapkan dapat membangun manusia Banten yang unggul,” ujarnya.

Iman juga menjelaskan, Pembangunan olah raga di kota  Cilegon sudah masuk dalam rpjn di kota cilegon. Untuk itu  pembangunan  SDM tidak dibawah dari sektor lainnya.

Sementara H.Hudaya Latuconsina, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten menambahkan, sesuai Undang-Undang No 3 tahun 2003 tentang keolahragaan nasional disebutkan bahwa tujuan keolahragaan nasional adalah memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportifitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkokoh ketahanan nasional serta mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa.

“Oleh karena itu pembinaan bidang olahraga bagi siswa dilakukan melalui pendidikan formal mulai taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaannya melalui mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan serta dapat di lakukan pada kegiatan dan Ekstrakurikuler. Sehingga diharapkan dapat memberikan pemahaman wawasan pengetahuan keolahragaan, memiliki kemampuan berolahraga dan meningkatkan derajat kesehatan.

“Jenis dan cabang olahraga diserahkan di sekolah, yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing. Ada beberapa sekolah telah memiliki klub-klub olahraga, baik olahraga perorangan maupun beregu. Klub yang telah terbentuk itulah para siswa dapat mengembangkan bakatnya secara intensif sehingga diperoleh prestasi olahraga secara optimal,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga memberikan motivasi serta menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap keolahragaandi sekolah. “Kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan propinsi. Juara pertama O2SN SMA tingkat provinsi disiapkan untuk mengikuti kompetisi olahraga pelajar di tingkat nasional,” paparnya.

Hasil yang diharapkan pelaksanaan Kegiatan O2SN tingkat Provinsi Banten Tahun 2013 adalah. Terciptanya suasana kompetisi yang sehat dan sportif antar siswa, antar sekolah, antar kabupaten/kota di bidang olahraga Terwujudnya mutu Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yaitu siswa yang memiliki pemahaman dan wawasan pengetahuan keolahragaan serta terwujudnya siswa yang sehat jasmani dan rohani.(SUG)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil