Kamis, 17 April 2014
next next next
Kamis, 13 Juni 2013 — 08:24:26 WIB

800 Koperasi di Cianjur Terancam Bangkrut

Cianjur, SENTANAonline.com

RATUSAN koperasi yang bergerak dalam bidang simpan jasa di Kabupaten Cianjur terancam gulung tikar. Ratusan koperasi tersebut tidak berjalan sesuai dengan fungsinya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Cianjur, Dudun Abdullah, mengatakan, sebanyak 800 koperasi dari 1.300 koperasi kegiatannya tidak berjalan. Padahal 800 koperasi tersebut masih terdaftar di Diskop UMKM dan berstatus aktif.

"Kebanyakan koperasi yang berstatus aktif ini terancam gulung tikar karena tidak berkembang sampai saat ini. Meskipun pada awalnya koperasi itu kegiatannya berjalan seperti koperasi pada umumnya," kata Dudun kepada wartawan di Cianjur kemarin..

Menurut Dudun, tidak berkembangnya ratusan koperasi itu bukan disebabkan kesulitan memperoleh akses modal terutama dari perbankan. Diakuinya, mandegnya koperasi itu disebabkan pengelola koperasi belum memahami arti dari koperasi.

"Sejumlah komponen yang ada di dalam koperasi masih jauh dari orientasi dan tujuan pendirian koperasi. Kalau modal dan bantuan sebetulnya banyak terutama dari pemerintahan pusat. Tapi tentunya kami tidak asal memberikan rekomendasi. Karena itu kami belum mau menerima bantuan dari pemerintah pusat," kata Dudun.

Dikatakan Dudun, pihaknya kini tengah melakukan pembinaan terhadap ke-800 koperasi tersebut. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab pengurus terhadap koperasinya. sehingga membangkitkan kembali geliat dan semangat dari berdirinya koperasi.

"Untuk menerima bantuan itu kan koperasinya juga harus siap. Kalau tidak siap bagaimana pertanggungjawabannya. Karena bantuannya ini langsung diberikan kepada koperasi tidak melalui kami," kata Dudun.

Menurut Dudun, dari sejumlah koperasi yang ada di Cianjur, hanya 40 koperasi yang telah mendapatkan rekomendasi untuk diberikan bantuan. Indikatornya koperasi tersebut sudah berjalan sejak lama dan maju dengan pesat. "Selama kami melakukan pengawasan dan pembinaan, kami melihat ke-40 produktifitas koperasi ini sangat menjanjikan dan berjalan dengan lancar. Karena itu mereka siap menerima bantuan dari pemerintah pusat," kata dia.(DMS)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil