Minggu, 20 April 2014
next next next
Kamis, 29 Agustus 2013 — 06:34:40 WIB

Integritas dan Independensi KPU Kota Bekasi Dicurigai

Bekasi, SENTANAonline.com

SEKRETARIAT Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi kembali digeruduk massa Kesatuan Pemuda Untuk Demokrasi (KPUD), Rabu (28/82013). Demo ini sudah yang kedua kalinya secara berturut-turut sejak Selasa (27/8/2013).

Dalam aksi ini, sempat terjadi saling dorong saat pendemo memaksa masuk ke ruangan, pendemo juga melempari kantor KPU Kota Bekasi dengan telur busuk.

Dalam orasinya, para pendemo mempertanyakan integritas dan independensi tim seleksi yang meloloskan 16 orang calon komisioner KPU Kota Bekasi tanpa ada penjelasan dan transparansi. “Diantara 16 calon yang diluluskan tim seleksi, ada calon yang masih terlibat di partai politik, ijazahnya juga diduga palsu,” tegas Safarin Novarizal, koordinator KPUD yang juga Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Bekasi.

Karena aksi tidak direspon Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kota Bekasi, Inge Hutagalung, massa memaksa masuk ke kantor KPU sehingga terjadi aksi saling dorong dengan petugas keamanan. Kericuhan mereda setelah Inge Hutagalung menemui massa untuk melakukan dialog. Namun dialog itu menemui jalan buntu karena Inge menolak membeberkan proses seleksi.

“Proses seleksi itu sifatnya rahasia, dan membantah bila seleksi dilakukan secara curang, dan hanya untuk kepentingan pihak dan partai tertentu, itu tidak benar,” bantah Inge.

Usai melakukan aksi di kantor KPU Kota Bekasi, massa bergerak menuju gedung DPRD Kota untuk menyampaikan aspirasinya. Sehari sebelumnya, aksi serupa di kantor KPU Kota Bekasi juga dilakukan puluhan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Bekasi dengan tuntutan yang sama. (MDL)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil