Senin, 21 April 2014
next next next
Jumat, 27 September 2013 — 06:50:31 WIB

Hut Propinsi Jabar ke 68, Seniman 5 Kabupaten Meriahkan Gelar Seni Budaya Daerah

 

Purwakarta, SENTANAonline.com

SEDIKITNYA Seniman lima kabupaten/ kota yang berada di wilayah II Propinsi Jawa Barat yang meliputi Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang, Bekasi dan Kota Bekasi  unjuk kebolehannya dalam memeriahkan pagelar seni budaya daerah dan pameran terpadu yang di selenggrakan oleh Kantor Badan Koordinasi Pemerintah dan Pembangunan (BKPP) wilayah II Jabar, di gedong Sigrong Purwakarta, Kamis (26/9) kemarin

Dalam aksi ini masing-masing seniman yang berasal dari lima kabupaten kota sewilayah II Jabar menampilkan satu seni budaya unggulan yaitu kabupaten Purwakarta menampilkan seni ‘’Moyeg’’, Kabupaten Subang seni ‘’Lakon Dalem Sado’’, Kabupaten Karawang seni ‘’Topeng Kaleng Si Alka Budak Badung’’, Kabupaten Bekasi seni ‘’Lakon Sijutan Anak Sir’’, serta Kota Bekasi menampilkan seni ‘’Tari Lenggok Amprok’’.

Selain acara seni budaya daerah, pada ajang ini juga dimeraihkan puluhan Stand pameran kerajinan  produk daerah unggulan jawa barat seperti Handy Craft, Accessories, kerajinan batik, Fashion dan kaligrafi serta kuliner khas jawa barat.

Ditemui di sela-sela ajang seni budaya daerah ini ketua panitia H.Sopy Sopro menjelasakan maksud diadakan dari kegiatan ini yaitu sebagai salah satu upaya menggugah kembali kemapuan daerah disetiap kabupaten kota sewilayah II Propinsi Jabar untuk menghargai prestasi dan karya seni anak bangsa.

‘Sebagai penopang perekonomian dan pembangunan di jabar,  kegitan ini juga dikolaborasikan dengan giat pameran kerajinan produk local daerah,’’papar Ketua Panitia.

 Terkait kehidupan kesenian daerah yang saat ini tergerus oleh era modernisasi menurut salah seorang seniman Ismail (54) menuturkan, jika pemerintah terus memperhatikan para seniman dan ikut memberi ruang bagi kesenian daerah yang salah satunya kegiatannya adalah pagelaran seni ini, pihaknya sangat optimis seni budaya daerah masih tetap eksis berkembang meski zaman sudah modern. “Kami sangat berterima kasih pada pemerintah jabar yang telah menyelenggarakan petas seni ini,” tutur seniman asal Bekasi ini.

Pagelaran seni budaya daerah dan pameran kerajinan produk daerah se wilayah II Jabar masih dalam rangkain memeriahkan hari jadi Propinsi Jawa Barat yang ke 68 tahun 2013, ajang ini biasa di gelar tiap tahunya ini di buka langsung oleh kepala BKPP Wilayah II Jawa Barat Ir.Deddy Mulyadi disaksikan muspida Purwakarta .

Sementara dalam sambutanya, Kepala Badan Koordinasi Pembangunan Perwakilan (BKPP) Wilayah II Provinsi Jawa Barat Ir.Deddi Mulyadi mengatakan, pagelaran seni budaya dan pameran terpadu sewilayah II Provinsi Jabar merupakan salah satu agenda yang telah dilakukan setiap tahun.

Peran serta masyarakat yang aktif dengan melestarikan membina dan mengembangkan produk daerah dan seni budaya daerah. “Mudah-mudahan terwujud, salah satu diantaranya bidang unggulan kita, sebagai penciri Jabar termaju di Indonesia  tahun 2025 yang dapat mengembangkan budaya local dan menjadi destinasi wisata dunia,” papar Deddy.

Patut disyukuri, kata Deddy, bahwa Jabar telah dianugerahi keanekaragaman seni budaya dan produk komoditas unggulan daerah yang diwariskan dari generasi ke generasi potenasi daerah yang yang amat besar. “Tentulah harus kita pelihara, kembangkan dan kelola dengan sebaik mungkin, agar menjadi kekutan yang nyata,” tegas Deddy.

Sejalan dengan perkembangan pembangunan dewasa ini, keberhasilan pembangunan diberbagai sektor di wilayah II Provinsi Jabar tidak terlepas dari keterlibatan peran pemerintah dan dunia usaha akademi dan komunitas dalam mewujudkan pembangunan tematik sektoral dan perkuatan pembangunan tematik kewilayahan.

“Secara aktif melalui kegitan ini kami sengaja mengemas dan menampilkan produk produk unggulan daerah sebagai ajang promosi, dengan harapan masyarakat dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap mengenai kulitas, kuantitas harga dari produksi unggulan yang kita banggakan,” harapnya.

Pagelaran seni budaya daerah dan pameran kerajinan produk daerah se wilayah II Jabar masih dalam rangkain memeriahkan hari jadi Provinsi Jawa Barat yang ke 68 tahun 2013. Ajang yang biasa digelar setiap tahun ini dibuka langsung oleh Kepala BKPP Wilayah II Jawa Barat Ir.Deddy Mulyadi disaksikan muspida Purwakarta.(SAM)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil