Jumat, 25 Juli 2014
next next next
Jumat, 18 Maret 2011 — 01:35:59 WIB

Pemilihan LMK Harus Transparan Jangan Ada Intervensi Lurah dan RW

 

Jakarta, SENTANAONLINE.com

Masa Tugas Dewan Kelurahan (Dekel) akan habis pada bulan April 2001, dan digantikan dengan  Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK). Namun banyak kalangan yang kuatir dalam pemilihan  anggota LMK ada intervensi pihak-pihak yang ingin orang dekatnya terpilih menjadi anggota LMK.

 Untuk itu, diharapkan dalam pemilihan yang akan dilakukan nanti harus terbuka dan secara demokrasi.  Menurut Ketua Dekel Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan, Drs.  Cahiril Anwar, dalam  pemilihan LMK harus benar-benar selektip dan calon harus punya potensi, karena tugas-tugas  LMK  lebih berat. Jadi jangan asal terpilih karena dorongan pihak-pihak tertentu.

 “Tidak bisa dipungkiri, pada pimilihan Dekel sebelumnya, calon terpilih lolos menjadi anggota,   karena   kedekatan dengan lurah atau RW setempat,” katanya di Kebayoran Lama, Kamis (17/3). Dalam proses sosialisai dari pihak kelurahan harus bersipat menyuluruh, terbuka  dan demokrasi.  Jangan sampai ada kesan ditutup-tutupi, semua lapisan masyarakat harus tahu sekarang ini ada  pemilihan LMK.

 “Semua orang yang memnenuhi syarat boleh mencalonkan diri. Namun harus intropeksi, apakah  pantas menjadi anggota LMK, karena tugasnya sangat berat, jangan setengah jalan nanti   mengundurkan diri,” ujarnya. Menurut anggota Dekel Pesanggrahan, Suwondo P, S.Kom, dalam  buku Pedoman Teknis LMK tidak ditemukan fungsi pengawasan.

Seperti tugas Dewan Kelurahan.  LMK  hanya bertugas  menyampaikan aspirasi masyarakat kepada lurah. “Jadi peran LMK membantu program pemerintah saja, sedangkan Dekel masih bisa memanggil  lurah pada saat dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu persolan yang berkaitan dengan  masyarakat,” Kata Suwondo di Pesanggrahan kemarin.

Ketika disinggung soal transparansi pemilihan anggota LMK di Kelurahan Pesanggrahan, kata  Suwondo, sejak Januari 2011, sosialsialisai sudah dilaksanakan di tingkat RT/RW. “Panitia Pemilihan  Bakal Calon (PPBC) LMK sudah berjalan di tingkat RW. Dan ada pengumuman kepada masyarakat  tentang ada pemilihan calon anggota LMK,”  ujarnya. Suwondo menambahkan, pengurus RT/RW  yang mencalonkan diri, harus melepas kepengurusan  sebelumnya.

 Wakil Lurah Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Bambang, mengatakan, di wilayahnya sosialisasi di  tingkat RT dab RW sudah selesai, tinggal pelaksanaan pemilihannya saja. Di beberapa RW pemilihan  akan dilakukan  apda tanggal 25, 27, dan 28 Maret 2011. pada awal  April 2011 penetapan di kantor walikota Jakarta Selatan.

Pelantikannya, di Kantor Kecamatan.  “Pelaksanaan pemilihan sudah transparan dan demokrasi. Saya salah satu ketua tim di Kelurahan Ulujami, di sini ada 3 tim. Setiap tim akan menghadiri  pemilihan LMK pada  hari H,” ujar Bambang.

 Pihak Administrasi Wilayah (Adwil)  Jakarta Selatan, selaku pihak yang terkait dari tingkat kota juga  diharapakan transpransi dalam pelaksanaan pemilihan LMK. Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Adwil   Jakarta Selatan yang diwakili Saimin, mengatakan, Adwil hanya melakukan monitoring dan  pengawasan. “Saat ini saya tengah melakukan sosialisasi teknis pemilihan. Tugas kami hanya  sosialisasi,  memonitoring, dan mengawasi. Semua proses pemilihan harus sudah selesai Maret ini,  karena pada awal April angggota  LMK terpilih sudah ditetapkan di walikota,” katanya melalui  telepon genggamnya, kemarin.(PS)                         

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Tentukan Presiden Pilihan Anda

Jokowi-Jusuf Kalla
Prabowo-Hatta
Belum Tahu
Tidak Ada

Lihat hasil