Sabtu, 19 April 2014
next next next
Senin, 04 April 2011 — 09:50:01 WIB

Sengketa Lahan Tambang Emas di Pesawaran Berakhir Damai

Pesawaran, SENTANAONLINE.com

Sengketa lahan pengelolaan Pertambangan emas di Desa Babakan Loak yang selama  ini  berlangsung, antara PT Karya Bukit Utama (KBU) dengan PT Lampung Sejahtera Bersama, akhirnya  bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan.

“Kami pihak Pertambangan Propinsi Lampung sangat  memberikan aspresiasi kepada Kabupaten Pesawaran khususnya   Kepada Bupati Pesawaran Aries  Sandi DP, yang bisa memediasi permasalahan sengketa lahan tambang emas, sehingga bisa  diselesaikan secara damai," ujar Kepala bidang Pertambangan Propinsi Lampung Prihartono saat  menghadiri MoU damai antara PT Karya Bukit Utama (KBU) dengan PT Lampung Sejahtera Bersama,  di Gedung DPRD Jum'at  lalu.

Dirinya berharap dengan selesainya sengketa lahan pertambangan ini dapat berdampak positif  terhadap investasi disektor pertambangan. "Kita berharap tidak ada lagi sengketa lahan seperti ini  lagi," tegas Prihartono. Untuk itu, prihartono menambahkan, kepada PT yang bergerak di bidang pertambangan dapat melakukan aktivitas dengan baik sehingga dapat memberikan multi fungsi  kepada kabupaten Pesawaran, pihak pertambangan bisa membiayai pembangunan-pembangunan di  Kabupaten Pesawaran dan khususnya Propinsi Lampung.

Sementara itu Bupati Pesawaran, Aries Sandi DP mengatakan Sebagaimana kita ketahui, dalam  rangka penyelesaian permasalahan sengketa tumpang tindih Wilayah izin Usaha Pertambangan  (WIUP) Emas di desa Babakan Loa Kecamatan Kedondong Kababupaten Pesawaran antara PT. Karya  Bukit Utama dan PT.Lampung Sejahtera Bersama.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari penyelesaian permasalahan sengketa tumpang tindih  Wilayah Pertambangan secara damai dari kedua belah pihak antara PT. Karya Bukit Utama dan PT.  Lampung Sejahtera Bersama yang telah berlangsung sejak tahun 2009 yang lalu dan telah dilakukan  proses hukum melalui pengadilan Tata Usaha Negara di Bandar Lampung sampai dengan Kasasi di  Mahkamah Agung.

“Namun kedua belah pihak berkesepakatan untuk menyelesaikanya secara kekeluargaan sehingga  dapat sama-sama kita saksikan pada hari ini telah ditandatangani Berita Acara Perjanjian  Kesepakatan. Dimana dalam penyelesaian ini masing-masing perusahaan tidak merasa dirugikan atau diuntungkan," ujar Aries.

“Dengan adanya Perjanjian Kesepakatan ini, PT. Karya Bukit Utama dan PT. Lampung Sejahtera  Bersama, saya selaku Bupati Pesawaran dan atas nama pribadi mengucapkan terima kasih dan  penghargaan yang setinggi–tingginya kepada kedua belah pihak serta seluruh pihak yang telah  memberikan kontribusi bagi terciptanya perdamaian ini guna kemajuan dan pembangunan Kabupaten Pesawaran yang sama–sama kita cintai,” pungkasnya.(ERL)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
BACA JUGA :
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil