Sabtu, 19 April 2014
next next next
Rabu, 21 September 2011 — 02:19:19 WIB

Program Adiwiyata Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup di Sekolah

Jakarta, SENTANAonline.com

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup gelar  Program Adiwiyata di Jakarta Selatan, Selasa (20/9). Program tersebut  merupakan  program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Program ini diharapkan agar setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat,  serta terhindar dampak lingkungan yang negatif.

Menuerut Asisten Lingkungan Hidup Jakarta Selatan,  Tri Wahyunindiah,  tujuan sekolah berbudaya lingkungan diharapkan bisa untuk mempercepat upaya pengembangan pendidikan lingkungan hidup (PLH) pada jalur pendidikan Dasar dan Menengah, khususnya  di wilayah Kota Adm. Jakarta Selatan.

"Untuk melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang,  maupun yang akan datang  perlu didukung  penyediaan sarana dan prasarana.  Dukungan ini   nantinya akan mempercepat proses program sekolah Adiwiyata,” katanya  didampingi Asisten Deputi Urusan Penguatan Inisiatf Masyarakat Parus dari Kementerian Lingkungan Hidup,  saat Sosialisasi program sekolah Adiwiyata di kantor Walikota Jakarta Sealatan,  Selasa (20/9).

Lebih jauh dijelaskannya, sekolah Adiwiyata adalah untuk mengajak warga sekolah dan anak-anak menjadi berbudaya lingkungan.

Akan tetapi, kata dia,  perlu diingat bahwa peran sekolah dan  warga sekolah dalam pendidikan lingkungan hidup harus ditunjang beberapa hal pokok, yakni adanya dorongan dan komitmen antara kepala sekolah, guru, anak-anak sekolah dan warga sekolah lainnya.

“Tak kalah penting adalah peran orang tua murid, Kantor Lingkungan Hidup, Sudin Pendidikan, Pertanian, Perikanan dan kebersihan untuk bersinergi mendukung terwujudnya lingkungan hidup pendidikan di sekolah,” imbuhnya.

Menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup,  Jakarta Selatan,  Yustiono S. Supalal,  tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut untuk mendorong dan membentuk sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan sehingga mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya-upaya pelestarian   lingkungan di sekolah dan sekitarnya. Kegiatan sosialisasi Adiwiyata diikuti 30 sekolah terdiri dari SMAN ada 7 sekolah, SMK 1 sekolah, SMPN 6 sekolah, SD 16 sekolah. (PS)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
BACA JUGA :
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil