Kamis, 24 Juli 2014
next next next
Kamis, 06 Oktober 2011 — 03:09:35 WIB

Ada Merokok Gugur, 4 Sekolah Terpilih Jadi Sekolah Sehat di Jaksel

Jakarta, SENTANAonline.com

DARI sekian banyaknya sekolah di Jakarta Selatan, ada 4 sekolah yang terpilih menjadi sekolah yang terbaik dibidang kesehatan. 4 Sekolah tersebut adalah, TK Asih Ananda, SDN Bangka 01 Pagi, SMPN 68 Cilandak, dan SMAN Negeri 90. Penilaian sekolah tersebut dilakukan oleh tim Juri lomba sekolah sehat tingkat Provinsi DKI Jakarta, Rabu (5/10).

Terpilihnya ke 4 sekolah itu menjadi sekolah sehat terbaik di Jakarta Selatan, memalalui seleksi yang ketat diantara sekian banyaknya sekolah di wilayah ini. Menurut  Kepala Suku Dinas  (Kasudin) Pendidikan Dasar  (Dikdas), Jakarta Selatan,  Amsani Idris, yang didampingi Camat Mampang Prapatan, Edy Suherman mengatakan, "4  sekolah tersebut akan menjadi  wakil Jakarta Selatan  ke tingakt provinsi.  Keberhasilan ini berkat semangat dan kebersamaan,”  katanya saat menerima Tim Juri Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi DKI Jakarta di JL. Bangka Kecamatan Mampang Prapatan, Rabu (5/10).

Dikatakannya,  SDN Bangka 01 menjadi wakil DKI Jakarta ke tingkat nasional sudah tergambar. Hal ini tercipta berkat  kerja keras semua lintas sektor. "Karena  semangat  merupakan kunci untuk bisa maju. Kita bersemangat dan bekerja keras akan mampu berprestasi. Kalau tak  percaya mari kita buktikan hasilnya,” tegas Amsani.

Sementara Ketua Tim Juri tingkat SD, Iswanto,  yang datang dengan membawa 8 tim menambahkan kegiatan lomba sekolah sehat ini mengatakan,   program pembinaan kesehatan sekolah merupakan bagian dari  evaluasi kinerja TPUKS secara berjenjang, yakni dari mulai tingakt Kecamatan, Kotamadya, Provinsi dan sampai tingakt Nasional. Lomba ini bertujuan untuk memilih wakil Provinsi DKI Jakarta ke tingkat nasional.

"Penilaian sekolah sehat ini meliputi dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA, program UKS merupakan pembinaan perilaku sehat dan peningkatan derajat kesehatan.  Selain itu  melalui program ini, akan   tercipta lingkungan yang bersih dan sehat, yang akan menunjang mutu pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas kehidupan generasi muda,  maka program UKS perlu pembinaan yang serius secara lintas sektoral dengan wadah yang kita namakan TPUKS,” ujarnya.

Sedangkan komponen penilaian yang dilakukan , kata dia,  meliputi kondisi sekolah dan pelaksanaan kegiatan UKS, penilaian pertama fisik dan kelengkapan sekolah, memantau lingkungan sekolah, melihat manajemen UKS. Dan yang lebih penting adalah program Trias UKS (Pembinaan, Pelayanan dan Pendidikan).

 "Salah satu persyaratan yang tidak boleh dilanggar adalah tidak boleh ada yang merokok di lingkungan sekolah,  karena sekolah adalah kawasan bebas rokok berdasarkan Pergub No 75.  Bila ditemukan ada yang merokok,  otomatis sekolah itu kena diskualifikasi dan dianggap gugur,” pungkasnya.

Sementara, Pemkot Adminitrasi Jakarta Utara akan mengirimkan empat sekolah mulai dari tingkat TK, SMP dan SMA dalam lomba sekolah sehat tingkat Provinsi DKI Jakarta.Diharapkan keempat sekolahan itu mampu menjadi yang terbaik dan nantinya bisa mewakili Jakarta Utara dalam lomba yang sama di tingkat nasional. Harapan itu disampaikan oleh Sekertaris Kota adminitrasi Jakarta Utara Drs.Tri Kurniadi Msi, saat memantau langsung persiapan keempat sekolah tersebut.“Kita harus menjadi yang terbaik, jika itu sudah terbukti nanti kita bisa mewakili Jakarta Utara dalam lomba yang sama tingkat Nasional,”ujar Sekko .

Tri Kurniadi juga mengaku sangat optimis sekolah di Jakarta Utara mampu bersaing dengan wilayah lain di DKI Jakarta. Meski begitu untuk mewujudkannya, perlu kerja keras sehingga apa yang kita harapkan akan dapat terwujud. Jakarta Utara memiliki spesifik tersendiri, karena tingkat kesulitan lebih tinggi khususnya dalam penghijauan. “Meski begitu kita tidak usah ragu tetap berjuang dengan harapan yang kita cita-citakan tercapai,”tambahnya

Diakui oleh Jakarta Utara tahun lalu SMP Negeri 120 mendapatkan juara 2 nasional lomba sekolah sehat”Mudah-mudahan tahun ini Jakarta Utara mampu lebih baik lagi,” ujarnya saat meninjau SMA Negeri 45 Kelapa Gading.(PS/TAR)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
BACA JUGA :
clik here    POLLING

Tentukan Presiden Pilihan Anda

Jokowi-Jusuf Kalla
Prabowo-Hatta
Belum Tahu
Tidak Ada

Lihat hasil