Minggu, 20 April 2014
next next next
Selasa, 11 Oktober 2011 — 02:18:58 WIB

Pengurusan SIUP Jangan Melalui Calo

Jakarta, SENTANAonline.com

SERINGAKALI para pemohon SIUP dan TDP yang dari Dinas dan Suku Dinas (Sudin)  Koperasi, UKM dan Perdagangan tidak sesuai dengan waktu yang tertera. Keterlambatan dikeluarkannya surat untuk kepentingan usaha bisa sampai berminggu-minggu.

Sehingga pemohon kerap mengeluh, dan menempuh jalur cepat melaui jalur terselubung namun cepat cara kerjanya. Hal ini sudah tidak  rahasia lagi di tubuh birokrasi di  DKI Jakarta. Namun menurut Kasudin Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Admnistrasi Jakarta Selatan, Doddy S Geso, pengajuhan permohonan dan pengambilan SIUP dan TDP dilakuhkan di loket Pelayanan Satu Atap, sehingga tidak bertemunya antara pemroses (Back Office) dengan pemohon. Termasuk ketika pemohon hendak mengurus SIUP dan TDP, kami meminta pemohon untuk membuat surat pernyataan tertulis bermaterai langsung urus biar aman, jangan lewat calo.

Saat ini kata dia, Program One Day Service,  memberikan pelayanan SIUP dengan mendatangi lokasi seperti Pasar, Mall atau Pusat perbelanjaan diperuntukan bagi pelaku usaha Mikro dan kecil serta tidak dikenakan biaya restribusi atau gratis. Para pelaku usaha dapat memanfaatkan kesempatan tersebut. Namun pemohon harus    memenuhi persyaratannya lengkap. Prosesnya  selesai selama tiga hari, di bagian pelayanan Terpadu atau ketika digelar pelayanan One Day Service.

Dikatakannya,  pelayanan selama tiga hari merupakan komitmen Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta, yang berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan pelaku usaha khusus di wilayah DKI Jakarta. Adapun mekanisme telah dilakukan adalah perbaikan mekanisme pelayanan dengan menyempurnakan alur proses/ SOP pengurusan SIUP dan TDP.

Untuk mengetahui permasalahan di setiap bagian pelayanan Terpadu, kata Doddy, pihaknya menyediakan kotak kritik dan saran bagi masyarakat untuk menilai kinerja anak buah kami serta kepuasan pelayanan di Sudin Koperasi, UKM dan Perdagangan Jakarta Selatan.(PS)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
BACA JUGA :
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil