Kamis, 24 April 2014
next next next
Jumat, 14 Oktober 2011 — 01:47:12 WIB

Kemenpera Bantu PSU 5.000 Rumah PNS di Manado

Jakarta, SENTANAonline.com

KEMENTERIAN Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan membantu pembangunan prasarana, sarana dan utilitas seperti jalan dan saluran drainase untuk 5.000 rumah PNS di Manado, Sulawesi Utara. Selain itu, Kemenpera juga terus mendorong para PNS di daerah untuk menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk mendapatkan rumah dengan angsuran yang ringan serta suku bunga rendah selama masa tenor KPR.

Hal itu disampaikan Menteri Negara Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa saat memberikan sambutan pada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan perumahan Korpri Sulut beberapa waktu lalu. “Kemenpera akan membantu Pemprov Sulut untuk menyiapkan PSU untuk 5.000 perumahan khusus PNS yang pembangunannya akan dilakukan secara bertahap. Saya juga mengapresiasi Kepala Daerah yang peduli pada pembangunan penyediaan rumah PNS,” ujar Menpera.

Menurut Suharso Monoarfa, pada prinsipnya pembangunan perumahan bagi masyarakat sudah menjadi urusan wajib pemerintah daerah. Adanya pembangunan rumah bagi PNS juga menjadi salah satu bentuk dukungan Pemda untuk mengurangi jumlah kekurangan (backlog) perumahan di Indonesia yang semakin besar.

Suharso Monoarfa menambahkan, Kemenpera juga terus berupaya membantu masyarakat dalam hal pembiayaan perumahan melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Melalui FLPP ini, masyarakat bisa memiliki rumah dengan angsuran yang tetap dan suku bunga rendah selama masa tenor KPR. Beberapa bank swasta nasional maupun Bank Pembangunan Daerah juga telah bekerjasama dengan Kemenpera dalam penyaluran FLPP ini.

“Pemprov Sulut telah menyediakan rumah bagi PNS tanpa uang muka. Tentu hal itu merupakan  langkah yang spektakuler dan luar biasa mengingat masalah dana yang sering ditemui oleh PNS di daerah. Kemenpera juga memiliki program FLPP yang bisa dimanfaatkan masyarakat luas termasuk PNS yang ingin memiliki rumah sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut DR. SH Sarundajang menyatakan, Pemprov Sulut selalu berupaya melakukan pengembangan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman yang terencana dan didukung oleh prasarana dan sarana memadai. Oleh karena itu, adanya bantuan Psu dari Kemenpera sangatlah membantu terciptanya kompleks perumahan PNS yang nyaman untuk dihuni.

 “Kami berupaya membangun perumahan dan kawasan permukiman sesuai rencana tata  ruang wilayah yang ada. Pembangunan perumahan di daerah tentunya juga bisa mendorong kemajuan ekonomi daerah, menekan angka kemiskinan, membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” katanya. (PS)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil