Senin, 21 April 2014
next next next
Senin, 06 Februari 2012 — 03:16:12 WIB

Pembangunan KEK Pariwisata Sejalan Program Pemkab

 

Pandeglang, SENTANAonline.com

BUPATI Pandeglang Erwan Kurtubi menjelaskan, pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata oleh pemerintah pusat, sejalan dengan program yang telah ditetapkan pemerintah kabupaten setempat.

"Pemerintah pusat akan membangunan KEK pariwisata di Pandeglang, ini sejalan dengan kebijakan kita yang menetapkan pariwisata sebagai sektor andalan untuk meningkatkan perekonmian daerah," katanya di Pandeglang, Minggu (05/2).

KEK pariwisata akan dibangun di kawasan wisata Pantai Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Kawasan ekonomi khusus pariwisata tersebut meliputi Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang. Nantinya, kawasan wisata Tanjung Lesung dijadikan 'master design' pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti Venesia, Italia.

Kawasan Tanjung Lesung merupakan objek wisata andalan Provinsi Banten, di samping objek wisata lainnya seperti Pantai Carita. Kawasan ini bahkan memiliki 'culture heritage' karena lokasinya dekat dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Gunung Anak Krakatau, dan Pulau Umang.

Terkait dengan pengelolaan pariwisata, ia mengaku akan terus mengoptimalkan pengelolaannya, sehingga ke depan bisa lebih berkembang dan dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung.

Erwan menjelaskan, di daerah terdapat 214 objek wisata dengan kekhasan tersendiri, namun baru 18 objek yang telah dikelola secara maksimal, dan banyak dikunjung oleh wisatawan.

Objek wisata yang telah dikelola itu, di antaranya kawasan Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pulau Umang, pemandian air panas Cisolong dan pemandian air alam Cikoromoy. "Objek wisata lainnya belum banyak dikunjungi wisatawan, karena memang belum dikelola secara maksimal," ujarnya.

Dari 214 objek wisata yang ada di kabupaten tersebut, sebanyak 11 di antaranya pantai, 19 tirta, 183 tempat bersejarah dan satu objek wisata alam.

Ia berharap, ke depan seluruh objek wisata itu bisa dioptimalkan dalam pengelolaannya sehingga dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi lokasi tersebut.

"Ke depan kita berharap bisa dikelola secara maksimal, sehingga penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata bisa meningkat," katanya.(JAT)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil