Kamis, 24 April 2014
next next next
Kamis, 20 Januari 2011 — 06:33:14 WIB

Banjir Melanda Pamanukan,Warga Diungsikan

Subang, SENTANAONLINE.com - Akibat diguyur hujan terus menerus mengguyur kawasan Subang dan sekitarnya dua hari terakhir, ribuan rumah di Pamanukan, KabupatenSubang, terendam banjir sejak Selasa (18/1) dini hari.

Hujan yang mengguyur kawasan itu membuat Sungai Cigadung, Kalimati, dan Cipangaritan meluap kemudian menggenangi ribuan rumah penduduk serta puluhan hektar sawah di desa Rancasari, Mulyasari, Pamanukan Kota, Pamanukan Hilir,dan desa Lengkongjaya Kecamatan Pamanukan, terendam banjir dengan ketinggin air mencapai 30 cm hingga 1 meter.

Akibat kejadian itu, beberapa keluarga mengungsi dan mendirikan tenda di bawah jalan layang Pamanukan, Masjid Hidayatul Jamia Mulyasari dan beberapa rumah warga lainnya. Sementara sejumlah warga lainnya berjaga-jaga dan menunggu air surut di tanggul Sungai Cipunagara sertamengungsi di tempat-tempat yang lebih tinggi.

Kepala Desa Mulyasari Oing Tohir saat dihubungi Selasa Siang (18/1) di kantor desa setempat melaporkan rumah yang tergenang akibat banjir tersebut mencapai 3 421 buah rumah penduduk aau 3 984 Kepala Keluarga (KK).

Ketinggian genangan air rata-rata mencapai 30 cm hingga 1 meter. Banjir terparah terjadi di desa Mulyasari terjadi di Kampung Jalitri, Kedunggede, Lumbung dan Kampung Dukuh.

“Selain merendam ribuan  rumah, banjir juga merendam puluhan hektare sawah diantaranya 7 ha sawah di Blok Kedunggede, 5 hadi Blok Pamugas dan 12 ha di Kampung Baru. Warga yang rumahnya terendam kini telah diungsikan,” ujar Oing Tohir didampingi beberapa orang staf desa.

Menurutnya, penyebab banjir kali ini terjadi akibat adanya pendangkalan serta penyempitan sungai pembuang Cigadung. Beberapa Warga yang rumahnya terendam banjir sementara terpaksa mengungsi di beberapa kawan dekat dan saudaranya.

Selain di Mulyasari banjir juga terjadi di desa Rancasari,dimana ratusan rumah, Masjid dan 3 Mushola, 19  hektare sawah, ikut terendam banjir, dengan rata-rata ketinggian 30 cm s/d 1 Meter. Di desa Rancasari banjir terparah terjadi di kampung Pangadangan Sarimukti, di daerah ini sekitar 120 rumah terendam.

Ketua LSM Masyarakat Pantura Peduli  Lingkungan (Mappeling), H.Heri Suheri, mengaku sangan prihatin dengan adanya banjir yang setiap tahunya melanda di daerah Pantura. ”Kami sangat prihatin sekali dengan terjadi banjir, dan menghimbau kepada pemerintah daerah Subang untuk mengantisipasi kejadian, supaya untuk kedepanya tidak lagi terjadi hal semacam ini,“ tandasnya.(ZEN)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil