Jumat, 18 April 2014
next next next
Jumat, 13 April 2012 — 12:38:48 WIB

Jelang Hut Kota Metro, Dekranasda Gelar Lomba Motif Batik Khas Metro

 ilustrasi:gen22.org

Metro, SENTANAonline.com
MENJELANG hari jadi Kota Metro Juni mendatang, Dekranasda Kota Metro sebagai wadah Kerajinan Daerah mengadakan lomba desain motif batik khas guna memperkaya ciri khas Kota Metro.
Seperti diketahui, batik merupakan salah satu karya bangsa Indonesia yang sangat dibanggakan. Setiap daerah memiliki corak dan desain masing-masing yang menunjukkan ciri khas daerah tersebut. Bahkan Batik sebagai warisan budaya Indonesia sudah mendapat penghargaan World Cultural Heritage (warisan budaya dunia) pada 2 Oktober 2009 lalu dari UNESCO ( United Nations Educational Secintific and Cultural Organization).
Ketua Dekranasda Kota Metro Hj. Netty Lukman Hakim mengatakan, tujuan diselenggarakan lomba ini adalah selain untuk melestarikan budaya juga sebagai sarana menemukan bentuk desain atau motif batik yang nantinya dapat menjadi ciri khas Kota Metro. “Yang nantinya juga kita akan tampilkan pada hari ultah metro juni mendatang,” kata Netty di ruang kerjanya, Kamis (12/4).
Sebagaimana diketahui, kata Netty, batik yang selama ini dipakai rata-rata merupakan desain umum daerah Lampung dengan ciri gambar siger atau gajah. Sementara untuk Kota Metro sendiri belum memiliki corak baku yang mencirikan kekhasan tersendiri.
“Makanya, melalui lomba ini diharapkan dapat memperkaya khasanah batik daerah sekaligus menemukan desain motif khas Metro. Lomba ini terbuka untuk umum, atas nama perorangan,” ujarnya.
Dilanjutkan Netty, syarat lomba ini mengirimkan identitas  fotocopy KTP serta hasil karyanya dan dikirimkan ke Dekranasda. Untuk kriteria penilaian desain motif batik harus mencirikan ke khasan Kota Metro sesuai dengan visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan.
“Untuk persyaratan teknis, peserta harus menggunakan kertas A3 (garis tepi 2 cm) dengan teknik hand drawing/manual atau menggunakan komputer, soft copy berupa file digital/hasil scan gambar dalam bentuk CD/kemuian deskripsi penjelasan desain ditulis pada kertas A4 tersendiri,” jelasnya.
Dan yang paling penting tambah Netty, adalah batas pengiriman desain tanggal 19 April 2012 di Sekretariat PKK Kota Metro Jalan. ZA Pagar Alam no. 52 Metro, telp (0725) 41000. “Selain mendapatkan trophy Walikota Metro, pemenang I, II dan III akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai,” ungkapnya.(ROM/HIN)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil