Senin, 21 April 2014
next next next
Senin, 28 Mei 2012 — 04:59:02 WIB

Pemprov Sumut Siapkan 5 Nama Untuk Bandara Kualanamu

 
 

 

Medan, SENTANAonline.com

LIMA nama sudah resmi diinventarisasi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk diajukan menjadi calon nama bandar udara (bandara) Sumut yang baru di Kualanamu Deliserdang sebagai pengganti Bandara Polonia Medan.

"Ya, sudah lima nama secara resmi yang diinventarisasi," jelas Sekda provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Nurdin Lubis kepada wartawan di Medan, Minggu (27/5).

Kelima nama yang telah diusulkan adalah Bandara Sultan Serdang, Bandara Kualanamu, Bandara Raja Sisingamangaraja XII, Bandara Haji Adam Malik dan Bandara Tengku Amir Hamzah.  Nurdin juga mengajak seluruh organisasi dan semua pihak berkompeten yang masih memiliki ide terkait usulan nama, termasuk pihak yang pernah menyampaikan usulan bukan kepada Tim Inventarisasi, untuk segera manyampaikannya kepada tim inventarisasi yang dibentuk Pemprovsu.

"Tim memberi peluang hingga dua minggu ke depan sejak Senin 28 Mei 2012. Silahkan ajukan usulan kepada tim, termasuk yang pernah mengajukan agar menyampaikannya kembali kepada tim," tuturnya.

Berdasarkan hasil rapat tim di Kantor Gubsu 24 Mei 2012 lanjutnya usulan nama oleh masyarakat dan Pemkab/ Pemko jika diajukan harus representatif dilengkapi dasar atau alasan pengusulan. Secara resmi diajukan kepada Gubsu cq. Tim Inventarisasi Usulan Nama Bandar Udara di Kualanamu, d/a Sekretariat Biro Hukum Setdaprovsu Lantai 7 Kantor Gubsu Jalan P Diponegoro 30 Medan.

Dijelaskan, ketentuan yang diatur oleh Menhub bahwa nama bandara diusulkan oleh Pemprovsu dengan persetujuan DPRD Sumut untuk diputuskan atau ditetapkan oleh Menhub.  "Enam bulan sebelum operasional nama itu sudah harus ditetapkan. Bandara ini dijadwalkan operasional bulan Maret 2013 sehingga bulan September ini mesti disosialisasikan ke dunia internasional," jelasnya.

Tim Inventarisasi Usulan Nama Bandara ini berdasarkan SK Gubsu H Gatot Pujo Nogroho ST nomor 188.44/277/KPTS/2012 tanggal 9 April 2012 diketuai langsung oleh pejabat Sekdaprovsu. 

Tentang ke lima nama yang telah masuk masing-masing Bandara Sultan Serdang diusulkan Pengurus Daerah Masyarakat Adat Budaya Melayu Indonesia Deliserdang tertanggal 7 Maret 2012. Alasannya spirit pembangunan bandara ini sama dengan spirit Sultan Serdang ketika membangun Kesultanan Serdang.

Nama Kualanamu diusulkan Bupati Deliserdang melalui surat tertanggal 4 Mei 2012 dan PD MABMI Deliserdang melalui surat tertanggal 7 Maret 2012.  "Alasan nama ini antara lain masyarakat Kualanamu sekitarnya telah banyak menerima dampak selama proses pembangunan serta untuk menghindari konflik antar masyarakat yang masing-masing mengusulkan nama bandara yang berbeda," ujarnya.

Pengusul nama Kualanamu juga mengusulkan terhadap nama lain seperti nama pahlawan nasional disarankan untuk ditabalkan menjadi sebutan bagi terminal keberangkatan atau kedatangan dalam dan luar negeri.

Nama Raja Sisingamangaraja XII diusulkan oleh Parsadaan Pomparan Ni Raja Sonak Malela Anak Dohot Boruna Medan sekitarnya dengan alasan pahlawan nasional, memiliki semangat nasionalisme dan nilai historis yang tinggi.

Nama Haji Adam Malik diusulkan Pengurus Daerah Wanita Satya Praja Propinsi Sumut dengan alasan tokoh NKRI, Ketua PBB dan pemrakarsa ASEAN, pernah Wapres dan putra daerah Sumut.  Sedangkan nama Tengku Amir Hamzah diusulkan Tanfidzi Forum Umat Islam Sumatera Utara dengan Surat Nomor AU.101/1/17/DRJU-2012 tanggal 27 Februari 2012.  Juga dijelaskan bahwa Plt Gubsu sudah menerima surat dari DPRD Sumut meminta agar Pemprovsu segera menyampaikan calon nama untuk bandara baru ini untuk dibahas lebih lanjut pada Paripurna DPRD Sumut. (PHS)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil