Senin, 21 April 2014
next next next
Jumat, 29 Juni 2012 — 06:08:59 WIB

Bimbingan Manasik Haji Massal Digelar di Yon Armed 13 Kostrad

 

Sukabumi, SENTANAonline.com

UNTUK kali pertama, pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji bagi calon Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi dilaksanakan di  Komplek Batalyon Armed 13 Kostrad, Cikembang, Kabupaten Sukabumi. Pelaksanaan berlangsung selama satu hari, Rabu (27/6) lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Sukabumi, H.Akhmad Jajuli dan Wadanyon 13 Armed Kostrad Sukabumi, Mayor Armed Suwono.

Bimbingan manasik diikuti sebanyak  1.581 jemaah yang terdiri dari 768 jemaah pria dan 813 jemaah wanita. Calon jemaah haji termuda berusia 18 tahun dan paling tua berusia 83 tahun. Untuk tahun ini, jemaah didominasi ibu rumah tangga dengan jumlah 691 jemaah dan lulusan sekolah dasar.  Jemaah dibagi dalam 11 regu dan 45 rombongan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, H.Ismatullah Syarif mengatakan, bimbingan dibagi dalam empat tahap. Tahap I. dan II bermaterikan kebiajakan pemerintah tentang perhajian dan kesehatan haji. Sedangkan Bimbinganmanasik haji missal dua mengenai perjalanan haji serta rukun dan syaratnya. Untuk tahap tuga dan empat, tentang pembekalan bagi ketua regu (karu) dan ketua rombongan (karom). “Untuk karo dan karom ditentukan setelah bimbingan tingkat kecamatan,” ujarnya.

Ismatullah menambahkan, Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi akan dibagi dalam empat  kelompok terbang (kolter). Tiga kloter khusus dan satu kloter digabung dengan daerah lain.

Salah seorang peserta bimbingan mengatakan, pelaksanaan manasik di Aula Komplek Armed terasa nyaman. Selain memiliki arena parkir yang luas, gedung tempat bimbungan juga cukup nyaman.”Lebih tenang dan lebih khusu’ rasanya,” ujarnya.(RMT)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
BACA JUGA :
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil