Sabtu, 19 April 2014
next next next
Selasa, 16 Oktober 2012 — 07:02:38 WIB

Bupati Sukabumi Janji Bantu Petani Miliki Tanah HGU Perkebunan Teh

 

Sukabumi, SENTANAonline.com

BUPATI  Sukabumi, H. Sukmawijaya berjanji tetap akan memperjuangkan keinginan masyarakat Desa/Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi yang ingin memiliki tanah HGU (Hak Guna Usaha) Perekebunan Teh Goalpara PTP Nusantara VIII. Di Desa Nyalindung, terdapat tanah perkebunan seluas 130 hektare yang digarap oleh 750 KK selama puluhan tahun dan turun-temurun.

Janji bupati itu disampaikan Sukimawijaya di hadapan puluhan petani penggarap asal Desa Nyalindung yang mendatangi Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Senin (15/10). Hadir dalam pertemuan antara bupati dan para penggarap, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi H. Suwanda Somawinata dan tokoh Nyalindung H. Endang dan Abah Koko.

"Kami tidak akan berhenti  untuk memperjuangkan rakyat untuk memiliki tanah  di areal HGU Perkebunan Teh Goalpara yang sudah dikuasai  dan digarap secara turun temurun selama puluhan tahun," ujar Sukmawijaya di hadapan para penggarap.

Lebih lanjut bupati menegaskan, sebenarnya keinginan rakyat untuk memiliki tanah bisa segera terwujud jika diperjuangkan dengan sungguh-sungguh. Yang penting, kata dia, ada kesepakatan antara pihak perkebunan dan masyarakat penggarap sudah bersepakatn dengan perkebunan, terutama menyangkut kompensasi ganti rugi.

Bupati menegaskan, mengacu pada pernyataan Gubernur Jawa Barat Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc, upaya penggarap untuk memperoleh tanah sudah menemukan titik terang.

Bupati menambahkan, tanah di areal HGU Perkebunan Teh Goalpara PTP Nusantara VIII, bahwa masalah tersebut sudah ada titik terang dari Gubernur Jabar, DR.H.Ahmad Heryawan. “Beliau tidak tinggal diam untuk memperjuangkan rakyatnya bisa memiliki tanah di areal  HGU  tersebut,” ucap Sukmawijaya yang disambut tepuk tangan yang riuh  puluhan masyarakat yang memadati  Gedung Negara Pendopo Sukabumi.

Namun demikian, kata Bupati, pihak Perkebunan Teh Goalpara PTP Nusantara VIII  yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), telah menunjuk Kejaksaan Tinggi  (Kejati) Jabar sebagi penasehat hukum (pengacara) Negara. Perlu diketahui, pihak perkebunan menunjuk kuasa hukum Kajati Jabar, mungkin saja agar pihak perkebunan tidak salah langkah mengambil keputusan melepaskan tanah HGU kepada rakyat yang menggarap sudah mencapai puluhan tahun dan sudah turun temurun.

Untuk itu, dia minta perhatian kepada masyarakat penggarap dilahan areal HGU Perkebunan Teh Goalpara, untuk tetap bersabar menghadapi persoalan yang kini sedang ditangani secara serius oleh Kajati Jabar selaku kuasa hukum dari Perkebunan Teh Goalpara PTP Nusantara VIII. “Pak Gubernur Ahmad Heryawan dan Bupati Sukabumi, H. Sukmawijaya, akan tetap pro rakyat. Karena  Ahmad Heryawan dan H. Sukmawijaya menjadi Gubernur Jabar dan Bupati Sukabumi, itu hasil pilihan rakyat,” tegas H. Sukmawijaya yang disambut tepuk tangan puluhan masyarakat.

Tentunya, lanjut Sukmawijaya, baik Gubernur Jabar maupun Bupati Sukabumi, akan membela rakyatnya di jalan yang benar. Dalam hal ini sejengkal tanah, baik milik masyarakat maupun Negara yang dikelola  perkebunan sebagai pemegang HGU tidak boleh diterlantarakan. “Mungkin saja, masyarakat menggarap tanah sudah puluhan tahun dan sudah turun temurun ke anak maupun cucu, itu akibat diterlantarkan pihak perkebunan,” ungkapnya.

“Pihak perkebunan teh Goalpara akan melepasakan tanahnya dengan konpensasi ganti rugi seharga Rp 7.500,- per meter persegi. Sedangkan masyarakat penggarap, hanya mampu dengan harga Rp. 3.000,- per meter persegi,” pungkas Bupati Sukmawijaya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, H.Suwanda Somawinata mendukung Bupati H.Sukmawijaya untuk berpihak kepada rakyat yang benar-benar sangat membutuhkan tanah garapan seluas 130 hektar menjadi hak milik sebanyak 750 Kepala Keluarga. “Sepanjang untuk kepentingan rakyat banyak dan tidak keluar dari kolidor ranah hukum, Gubernur,Bupati dan DPRD akan pro rakyat,” tegas Suwanda.(GYF)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil