Jumat, 18 April 2014
next next next
Sabtu, 24 November 2012 — 12:13:27 WIB

Kemenpera Laksanakan Bimtek Tata Naskah Dinas dan Kearsipan

 

Jakarta, SENTANAonline.com

KEMENTERIAN  Perumahan Rakyat (Kemenpera) terus berupaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan terkait pengelolaan administrasi di tiap-tiap unit kerja. Hal ini  dilaksanakan agar terwujud mekanisme manajemen pengelolaan administrasi yang baik serta  prosedur dan tata kerja yang tertib, efisien dan efektif.

"Kami berharap jajaran pegawai di lingkungan Kemenpera bisa ikut melaksanakan tugas-tugas terkait pengarsipan dengan baik. Oleh karena itu diperlukan pegawai yang memahami pengelolaan tata naskah dinas, kearsipan dan perpustakaan," ujar Kepala Biro Umum Kemenpera, Rhenaldy saat memberikan pengarahan pada acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Naskah Dinas, Kearsipan dan Perpustakaan Kemenpera di Hotel Parama, Cisarua, Bogor, Rabu (21/11).

Acara yang diselenggarakan oleh Bagian Administrasi Biro Umum Sekretariat Kemenpera tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Rabu hingga Jum'at (21-23/11). Peserta kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari masing-masing unit kerja baik Sekretariat Kemenpera, Kedeputian, dan Pusat Pengembangan Perumahan.

Menurut Rhenaldy, melalui kegiatan pelatihan tersebut para pegawai yang bertugas di bagian Tata Usaha pada masing-masing unit kerja bisa menghasilkan pengarsipan yang berkualitas. Apalagi Kemenpera telah memiliki dua peraturan penting terkait masalah kearsipan.

"Peraturan penting terkait administrasi tersebut antara lain Peraturan Menpera Nomor 30 Tahun 2012 tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Permenpera Nomor 31 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusutan Arsip serta pekerjaan penataan arsip dan alih media arsip di lingkungan Kemenpera," terangnya.

Sementara, Kepala Bagian Administrasi Kemenpera, Wara Novela menuturkan, ruang lingkup kegiatan tersebut difokuskan pada upaya peningkatan kemampuan pengelola kearsipan di unit kerja ketatausahaan di Kemenpera. Selain itu, metodologi pengajaran yang digunakan dalam pelatihan tersebut selain pemaparan materi juga dilaksanakan tanya jawab serta prakter penataan/ pemberkasan arsip serta menentukan masa usia aktif dan inaktif serta prosedur penyusutan aktif.

Materi-materi penting yang disampaikan, imbuhnya, antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), Jadwal Retensi Arsip (JRA), Penyusutan Arsip, Aplikasi Sistem Kearsipan serta praktek pengarsipan. Sedangkan narasumber dalam kegiatan tersebut berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Inspektorat Kemenpera serta Konsultan Aplikasi Sistem Kearsipan.

“Saat ini kami juga memiliki perpustakaan yang telah mempunyai koleksi buku-buku serta arsip-arsip penting terkait program pembangunan perumahan di Indonesia. Kami juga akan bekerjasama dengan ANRI agar salinan arsip penting tersebut bisa diarsipkan di instansi tersebut," katanya.(PS)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil