Kamis, 17 April 2014
next next next
Kamis, 27 Desember 2012 — 07:51:49 WIB

Pemkab Karawang Serahkan Hibah Sarana Keagamaan Untuk 262 Ponpes

Karawang, SENTANAonline.com

SEBAGAI wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Karawang terhadap pondok pesantren atau tempat menuntut ilmu para santi santriwati, Bupati Karawang H. Ade Swara menyalurkan dana bantuan kepada 363 Ponpes yang ada di Kabupaten Karawang.

Dia berharap agar petugas di Bagian Kesra benar-benar akurat dan valid guna melakukan verifikasi adminitrasi serta mengetahui secara detail peruntunkannya, kepada masing masing Ponpes.

“Ini penting agar nanti tidak aka nada lagi celah atau indikasi melawan hukum dalam menyaluran dana APBD untuk tempat peribadatan tersebut,” kata bupati, saat memberikan bantuan senilai Rp 10 juta kepada perwakilan masing-masing ponpes, di aula Husni Hamid Komplek Kantor Bupati Karawang, Rabu (26/12).

Menurut bupati, pemberian bantuan keuangan ini selain merupakan kepedulian dari pemerintah daerah, juga dilatar belakangi oleh beberapa hal seperti masih banyak sarana dan prasarana keagamaan yang masih membutuhkan bantuan, belum meratanya kualitas pendidikan di bidang agama, karena sarana dan prasarana pendidikan belum memadai, serta keterbatasan kemampuan pihak pengelola lembaga keagamaan untuk memenuhi penyediaan kebutuhan sarana pendidikan agama di Kabupaten Karawang.

Lebih lanjut Bupati Karawang Berharap melalui bantuan ini, akan lebih meningkatkan kegiatan-kegiatan keagamaan di pondok-pondok pesantren maupun lembaga pendidikan keagamaan lainnya, akan lebih mampu mengembangkan diri, sebagai suatu lembaga yang berperan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, mengutamakan perwujudan insan agamis serta mengedepankan amar ma’ruf dan nahyi munkar.

“Dalam menghadapi dan mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi, maka keberadan lembaga keagamaan dituntut untuk dapat bersikap lebih pro-aktif dan inovatif serta mampu memainkan peranannya secara optimal, terutama dalam menciptakan kader-kader bangsa yang berkualitas, menguasai Iptek, meningkatkan Imtaq, mengutamakan sikap-sikap hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui implementasi amar ma’ruf dan nahyi mungkar dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

“Hal ini merupakan suatu sikap dan tindakan yang kita harapkan bersama, karena akan sangat mendukung upaya-upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa, serta mengisi dan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Karawang yang kita cintai ini,” imbuhnya.

Sementara laporan panitia pPenyelenggara penyerahan bantuan Asisten Pembangunan yang dibacakan oleh Kabag Kesra mengatakan, dasar penyelenggaraan penyerahan bantuan ini adalah SK Bupati Karawang No 978/Kep 846-HUK/2012 Tanggal 3 Desember 2012 tentang nama penerima, alamat dan besaran alokasi hibah yang diterima berupa uang yang bersumber dari perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Karawang tahun anggaran 2012. “Tujuan dari penyerahan bantuan ini adalah sebagai ajang silahturahim, meningkatkan SDM para Santri, untuk besaran lebih dari Rp 3.6 miliar diperuntukan untuk bantuan Yayasan sebanyak 363 Pondok Pesanteren dan lain,” ujarnya.(SAM)

0 Comments

Silahkan Login untuk Memberi Komentar Anda
clik here    POLLING

Siapa Cawapres Ideal Jokowi.?

Basuki TP. (Ahok)
Mahfud MD
Marsekal TNI Djoko Suyanto
Jenderal TNI Moeldoko
Tri Rismaharini (Risma)
Tidak Tahu

Lihat hasil