Arti dari Live Delay pada Siaran Televisi

Arti dari Live Delay – Pada radio dan televisi, penundaan siaran atau biasa dikenal dengan live delay sering terjadi. Live delay adalah usaha penundaan yang disengaja saat menyiarkan materi yang hendak ditampilkan. Kelompok live delay sendiri dibagi menjadi dua yaitu delay 7 detik yang termasuk cepat dimana hal ini disengaja dengan waktu tersebut untuk mencegah kesalahan atau konten yang tidak dapat diterima serta disiarkan ke mayarakat ramai.

Yang kedua adalah Penundaan atau maksud kata live delay yang lebih lama adlah dimana biasanya berlangsung setelah beberapa jam dari pengambilan  materi tersebut. Biasanya keputusan untuk melive delay suatu acara adalah sengaja untuk  ditayangkan pada waktu yang dijadwalkan kemudian (seperti jam prime time atau jam ramai ) untuk memaksimalkan pemirsa guna mendapatkan sharing dan rating yang baik.

Live delay sering juga digunakan untuk mencegah hal hal yang tidak senonoh, bloopers, nudity, atau bahan yang tidak diinginkan lainnya dari pembuatan materi sebelum ditayangkan, termasuk masalah yang bersifat teknis seperti malfungsi alat yang bisa saja tidak berfungsi dengan baik seperti contohnya yaitu mikrofon yang mati.

Live delay yang lebih lama dari pengambilan materi biasanya dilakukan oleh pihak penyiar untuk membagi jam tayang dengan acara lain. Bisa jadi live delay dilakukan agar tidak mengganggu jam tayang acara yang sudah ada pada jam tersebut karena sudah memiliki sharing dan rating yang bagus sehingga penyiar memutuskan untuk menampilkan acara tersebut  di jam lain agar seimbang dan menjaga acara acara lainnya.

Zona waktu juga bisa menjadi tolak ukur pengambilan keputusan live delay dari sebuah acara dimana ditakutkan jika acara tersebut disiarkan secara live tidak bisa mendapatkan penonton secara tertarget.

Baca juga  Inilah Alasan Kenapa Sarang Walet Harganya Mahal
arti dari live delay
Contoh konser yang disiarkan secara live delay

Arti dari live delay

Acara acara yang biasanya dilakukan atau live delay adalah konser. Kenapa konser musik, karena rata rata konser music sendiri diselenggarakan di jam malam antara jam 7 – 9 malam. Nah pada jam jam tersebut biasanya televisi sendiri sudah memiliki acara yang sudah memiliki penonton sendiri dimana pastinya acara tersebut tidak bisa diganggu lagi karena memiliki sharing dan rating yang baik. Nah biasanya konsernya baru akan ditayangkan di televisi secara live delay setelah acara acara mereka yang punya sharing rating tersebut selesai misalnya pada jam 10 – 12 malam.

Baca Juga : Arti pd gm ga pada klasemen

Acara lain yang biasanya juga dilakukan live delay adalah pertandingan sepakbola. Biasanya pertandingan sepakbola disiarkan secara langsung, namun jika terdapat pertandingan lain pada jam tersebut penyiar yang sudah mendapat hak siar tidak bisa melakukan siaran pertandingan dalam waktu yang sama dikarenakan beberapa hal seperti salah satu pertandingan bisa saja tidak terlalu seru atau keterbatasan hak siar dimana penyiar hanya bisa menyiarkan satu pertandingan live, maka dari itu biasanya pertandingan lain disiarkan secara live delay di jam lain atau biasanya setelah jam tersebut.

Demikianlah definisi arti dari live delay. Semoga teman teman yang membaca bisa mengerti dan paham mengenai live delay ini.

Gravatar Image
Perkenalkan nama saya Sentana. Saya hobi berbagai melalui blog ini. Hobi juga panjat tebing dan belanja online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *