Arti VAR Dalam Sepak Bola

Arti VAR Dalam Sepak Bola –  Setelah bertahun-tahun perdebatan tentang penggunaan teknologi var dalam sepak bola yang direncanakan akan diterapkan ke dalam sepakbola untuk membantu wasit, Akhirnya var muncul dan pertama kali diperkenalkan pada pegelaran Piala Konfederasi tahun lalu dan sekarang sudah aktif digunakan di Bundesliga dan Serie A.

VAR pertama kali digunakan saat inggris bertanding menghadapi Jerman dalam pertandingan persahabatan November 2017 silam, dan kemudian VAR melakukan debut kompetitifnya pada 8 Januari ketika Brighton & Hove Albion vs Crystal Palace di Piala FA.

Namun, niat awal var yang diperkirakan akan membantu dalam perdebatan seputar keputusan-keputusan wasit selama ini, justru sistem baru ini menimbulkan lebih banyak kontroversi mengenai penggunaan yang var ini yang mana terkadang mengganggu pertandingan.

Tapi apa sebenarnya VAR, apa yang ingin dirancang sehingga system ini diperlukan dan liga mana yang telah mengadopsinya? Inilah yang perlu Kita ketahui Bersama tentang perubahan besar besaran dalam persepakbolaan modern ini.

arti var dalam sepak bola
Wasit mereview ulang keputusan melalu monitor Var

Arti Var dalam Sepak bola

Kepanjangan VAR sepak bola sendiri adalah singkatan dari Video Assistant Referee. Sistem Var sepak bola ini sebenarnya adalah tim yang terdiri dari tiga orang yang bekerja sama untuk meninjau keputusan tertentu yang dibuat oleh wasit utama dengan menonton tayangan ulang video dari insiden yang relevan.

Tim itu terdiri dari asisten video wasit sendiri (yang akan menjadi wasit saat ini atau sebelumnya), asistennya dan operator replay. Mereka terletak di ruang operasi video yang pada dasarnya adalah tempat atau lokasi yang menawarkan sudut pandang kamera yang berbeda.

Empat jenis keputusan wasit dapat ditinjau menggunakan VAR:

  1. Gol apabila terdapat pelanggaran dalam prosesnya.
  2. Penalti,
  3. kartu merah,
  4. Keputusan yang salah dalam pemberian kartu.
Baca juga  Cara Mendapatkan Update Berita Tentang Artis Indonesia

Proses untuk meninjau keputusan dapat dilakukan dengan dua cara, baik wasit dapat meminta peninjauan setelah membuat keputusan atau tim VAR dapat merekomendasikan terlebih dahulu.

Dalam situasi tertentu jika VAR menilai bahwa ada potensi kesalahan dalam pembuatan keputusan yang jelas telah dibuat wasit utama, maka dari itu  dia dapat mereka bisa memberi tahu wasit.

Baca Juga : Arti Singakatan pd gm ga pada klasemen

Wasit utama kemudian memiliki tiga pilihan apakah dia dapat segera membatalkan keputusan yang telah dibuat berdasarkan saran VAR, meninjau terlebih dahulu insiden itu sendiri pada monitor di touchline atau tetap dengan keputusan awal wasit utama.

Pada pegelaran Piala Dunia 2018 di Rusia kali ini VAR sudah digunakan oleh fifa untuk membantu wasit. Var sendiri pada Piala Dunia ini memang sudah menghasilkan berbagai macam kejadian menarik. Respon positif banyak yang muncul oleh penonton sepak bola modern ini, namun tidak sedikit juga kontroversi yang terjadi mengenai penggunaan var ini sendiri.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang arti var dalam sepak bola. Mudah mudahan artikel ini bisa dipahami oleh kalian yang mambacanya.

Loading...
Gravatar Image
Perkenalkan nama saya Sentana. Saya hobi berbagai melalui blog ini. Hobi juga panjat tebing dan belanja online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *