Cara Mengatasi Telinga Bindeng atau Berdengung

Cara mengatasi telinga bindeng seringkali dipertanyakan oleh orang yang sedang diserang flu. Selain hidung yang selalu meler dan sering tersumbat, ketika flu menyerang, telinga juga sering terasa bindeng. Jika kondisi sudah seperti ini, tentu saja kita akan merasa sangat tidak nyaman. Seringkali jika kondisi flu sudah seperti ini, badan juga akan terasa berat dan malas untuk melakukan berbagai aktivitas.

Telinga yang terasa bindeng ditunjukkan dengan adanya ketidaknyamanan dan kesulitan dalam mendengar suara di sekeliling kita. Suara yang terdengar pun akan samar-samar dan seperti berdengung di telinga. Apalagi jika ditambah pilek, bersin-bersin, dan batuk, flu sangat lengkap dan cukup menghambat kita dalam melaksanakan rutinitas.

cara mengatasi telinga bindeng penyebab telinga bindeng

Penyebab Telinga Bindeng

Telinga bindeng dapat disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab telinga bindeng ini harus diketahui agar penanganannya pun dapat sesuai dan bisa ampuh meredakan telinga bindeng. Berikut ini beberapa hal yang sering menyebabkan telinga bindeng:

Kotoran Telinga yang Menumpuk

Di dalam saluran telinga, terdapat rambut-rambut halus yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk ke dalam telinga. Debu dan partikel lain sangat mudah masuk ke dalam saluran telinga, sehingga kotoran di dalam saluran telinga pun akan cepat menumpuk.

Apabila tidak dibersihkan sesuai dengan tata cara yang benar, maka kotoran bisa menumpuk dan mengakibatkan telinga menjadi bindeng. Selain itu, jika kotoran benar-benar menumpuk, maka saluran telinga bisa menjadi sarang berbagai sumber penyakit.

Akibat Mendengar Suara yang Keras

Mendengar suara yang keras mampu mengakibatkan telinga menjadi bindeng. Hal ini disebabkan oleh gendang telinga yang terluka karena getaran dari suara yang keras tersebut. Sumber suara yang sangat keras seperti penggunaan earphone, petasan, suara mesin, dan sebagainya, dapat mengganggu gendang telinga dan mengakibatkan telinga bindeng.

Apabila telinga sering terpapar suara keras dalam jangka waktu yang cukup lama, maka telinga bisa mengalami kerusakan yang permanen.

Infeksi Telinga Tengah

Infeksi yang terjadi pada saluran telinga tengah juga dapat mengakibatkan telinga bindeng. Infeksi ini bisa terjadi karena adanya penumpukan cairan dan kotoran yang mengakibatkan saluran telinga terinfeksi. Selain menjadi bindeng, karena adanya infeksi, tenggorokan akan terasa sakit dan tubuh menjadi demam.

Penyakit Tinnitus

Jika telinga terasa bindeng dan disertai adanya rasa tersumbat, bisa jadi hal itu dikarenakan oleh adanya penyakit tinnitus. Penyakit ini disebabkan oleh pengaruh getaran suara yang sangat keras, penggunaan obat-obatan antiradang, sinusitis, cedera, dan lain-lain.

Berbagai gangguan di atas mampu menjadi penyebab telinga terasa bindeng. Maka dari itu, untuk mendapatkan penanganan terbaik dan ampuh, Anda harus tahu penyebab dari telinga bindeng tersebut.

Serangan Flu

Serangan flu menjadi penyebab telinga bindeng yang paling umum di kalangan masyarakat. Ketika kondisi lingkungan sedang tidak mendukung, serta kondisi tubuh yang sedang tidak begitu sehat, maka flu akan sangat mudah menyerang. Ketika flu sudah menyerang, salah satu akibat yang dirasakan adalah telinga bindeng disertai pilek dan demam.

Cara Mengobati Telinga Bindeng yang Cepat, Mudah, dan Aman

Berbagai penyebab telinga bindeng bisa diredakan dengan cara-cara yang sederhana dan mudah dilakukan. Namun demikian, apabila setelah melakukan cara-cara ini telinga masih terus bindeng, maka segera periksa ke dokter, sehingga bisa segera dilakukan tindakan penanganan yang tepat.

Berikut beberapa cara mengatasi telinga bindeng dengan cepat, mudah, dan aman:

Membersihkan Telinga dengan Baik dan Benar

Salah satu penyebab telinga bindeng adalah telinga yang kotor dan tidak pernah dibersihkan. Hal ini menyebabkan kotoran dalam telinga akan menumpuk dan menyumbat saluran pendengaran. Dengan demikian, suara yang masuk ke dalam telinga akan terhalangi dan mengakibatkan telinga menjadi bindeng. Bahkan, seringkali kotoran yang menumpuk mengakibatkan infeksi di saluran telinga.

Oleh karena itu, untuk mengatasi telinga bindeng, Anda harus membersihkan telinga dari kotoran yang menumpuk. Namun demikian, dalam membersihkan saluran telinga, Anda juga harus berhati-hati dan tidak boleh sampai terlalu bersih, serta melukai saluran telinga. Sebab, kotoran dalam telinga juga memiliki fungsi untuk menghambat serangga atau benda tertentu untuk masuk ke dalam telinga lebih dalam lagi, Sedangkan, jika saluran terluka, maka dapat mengakibatkan infeksi yang justru akan menyebabkan bindeng semakin parah.

Menghirup Uap Panas

Cara mengatasi telinga bindeng ini sudah cukup banyak dilakukan. Uap air panas yang dihirup mampu menjdaikan lendir dan cairan pada saluran telinga menjadi lebih longgar. Dengan demikian, bindeng akan berkurang. Anda bisa menuangkan air panas pada baskom, kemudian menghirup uap yang dihasilkan dari air panas dalam baskom tersebut.

Menggunakan Manuver Valsava

Telinga bindeng juga dapat disebabkan oleh tabung eustachian dalam telinga yang tersumbat. Anda bisa melakukannya dengan menarik nafas dalam-dalam dari hidung. Kemudian, dengan mulut tertutup, hembuskan nafas dengan lembut melalui mulut.

Memperbaiki Posisi Tidur

Posisi tidur juga dapat mempengaruhi kondisi telinga bindeng. Posisi tidur yang miring mampu mengakibatkan tekanan udara pada salah satu telinga menjadi tinggi. Maka untuk mengatasi telinga bindeng salah satunya adalah dengan mengubah posisi tidiur. Namun, jika bindeng disebabkan oleh adanya cairan yang masuk ke dalam telinga, maka Anda bisa tidur miring dengan posisi telinga yang tersumbat berada di bagian bawah.

Mengonsumsi Dekongestan atau Antihistamin

Telinga bindeng yang disebabkan oleh adanya reaksi alergi. Akibat adanya alergi, saluran telinga akan mengalami pembengkakan dan menyumbat saluran pendengaran. Maka dari itu, salah satu mengatasi telinga bindeng adalah dengan mengonsumsi obat dekongestan atau antihistamin. Dengan demikian, infeksi akan segera mereda, dan saluran pendengaran bisa kembali normal.

Kompres dengan Air Hangat

Untuk membantu meredakan bindeng akibat adanya infeksi, Anda bisa menggunakan air hangat untuk mengompres area sekitar telinga Anda. Dengan air hangat ini, maka rasa sakit bisa mereda dan akan menyebabkan bindeng menjadi berkurang.

Memasukkan Jari Tangan ke Dalam Saluran Telinga

Cara ini termasuk cara yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan. Anda hanya perlu memasukkan salah satu jari tangan ke dalam saluran telinga. Setelah itu, Anda bisa menggerak-gerakkan jari ke bawah dan ke atas perlahan-lahan. Cara ini dilakukan untuk menciptakan rongga udara dan memberikan tekanan pada tabung eustachian, sehingga mampu terbuka dan mengatasi bindeng.

Cara mengatasi telinga bindeng cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Yang tidak kalah penting adalah menjaga kondisi kesehatan agar tetap sehat dan bugar. Dengan demikian, ketika virus dan berbagai penyebab penyakit lainnya mencoba menyerang, sistem kekebalan tubuh kita siap menangkalnya dan menjaga tubuh tetap sehat. Oleh karena itu, berbagai tindakan preventif lainnya juga harus dilakukan, sehingga kesehatan telinga akan tetap terjaga dan tidak mudah mengalami bindeng. Sedangkan apabila terdapat gejala-gejala penyakit yang tidak bisa Anda atasi secara pribadi, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter yang ahli.

Begitulah informasi mengenai cara mengatasi telinga bindeng , penyebab telinga bindeng agar bermanfaat bagi para pembaca untuk kehidupan yang lebih sehat.

Gravatar Image
Perkenalkan nama saya Sentana. Saya hobi berbagai melalui blog ini. Hobi juga panjat tebing dan belanja online