Tips Melindungi Data Pribadi Anda

TIPS MELINDUNGI DATA PRIBADI

Pasti anda tidak ingin data data pribadi anda dipakai orang. lalu apa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah data anda dipakai orang lain? berikut tips dari kami.

banyak info yang di dapat oleh kami bahwa ada data-data pribadi yang diperjualbelikan, itu mencakup nomor telepon, Nomor Induk Kependudukan (NIK), hingga data Kartu Keluarga (KK). Sejatinya, data-data ini diambil dari ranah internet. Oknum tersebut menipu para pengguna untuk menyerahkan identitas dan data pribadi demi modus kepentingan oknum bersama. Dimaksud kepentingan bersama, sebab modus ini juga bermanfaat bagi para target oknum itu sendiri, tidak hanya menguntungkan sang pembuat modus.
begini lah yang harus anda lakukan untuk mencegah data anda dipakai orang lain.
1. jangan upload foto selfie / swafoto anda pada aplikasi yang tidak jelas. biasanya pada aplikasi pinjam online yang ilegal. beberapa kasus, data anda pada pinjam online di perjual belikan dengan aplikasi pinjam online yang lain. dengan anda menyerahkan data anda/ upload data, maka pinjam online lain biasanya gencar meng sms anda maupun WA anda untuk ikutan meminjam di aplikasi mereke. bahkan memberikan promo dengan iming iming, padahal bunganya sangat tinggi perbulan 20 % – 35 %
2. Jangan Membuka Email Phising, Biasanya, para scammer akan mengirimkan tautan berisi formulir ke e-mail korban, karena bisa fatal apabila anda “menyerahkan” data pribadi anda seperti login email beserta password nya. dan no handphone anda.
3. selalu jeli untuk melihat email, pastikan domain email pengirim merupakan alamat yang jelas dan selalu jeli apabila domain dan tautan haruslah sama. karena scammer membuat tautan yang seolah olah web yang sama dengan domain asli nya. selalu hindari isi formulir apapun di form dari link tautan di email.
4. selalu hindari email yang seolah olah mendesak untuk anda lakukan, seolah olah anda dikejar deadline untuk upload data pribadi. hindari dan selalu tenang. di cek dahulu ke aslian email tersebut, kalau perlu hubungi pihak email yang asli untuk mengcheck kebenaran nya.
itulah tips dari kami untuk anda terhindar dari pencurian data pribadi anda.
semoga hari ini berjalan lancar, semua bisnis anda berjalan lancar. amin .
Gambar Gravatar
Perkenalkan nama saya Sentana. Saya hobi berbagai melalui blog ini. Hobi juga panjat tebing dan belanja online